Mengapa SEO Saja Tidak Cukup? Kenapa Butuh SEM dan SMO Dalam Digital Marketing?

Pesatnya dunia internet membawa ke arah revolusi iklan yang lebih mudah dan fleksibel. Bahkan cara ini dianggap lebih murah dan efektif ketimbang kampanye tradisional. Beberapa istilah yang kerap muncul antara lain SEO, SEM dan SMO. Ketiganya adalah beberapa hal dasar yang harus dikuasai untuk menguasai pangsa pasar yang pas. Kita simak penjelasannya.

Pengertian SEO

SEO merupakan singkatan Search Engine Optimization, yaitu meningkatkan jumlah pengunjung ke arah website melalui pencarian organik lewat search engine. Dalam sits MOZ, salah satu metric terkenal dalam dunia internet marketing menyebutkan ada tiga macam pengertian dalam istilah ini, antara lain:

  • Quality of Traffic – Visitor yang datang ke sebuah website karena tertarik dengan produk atau artikel yang ditawarkan.
  • Quantity of Traffic – Visitor mengunjungi website dengan mengklik informasi dari hasil search engine. Semakin banyak maka akan semakin bagus.
  • Organic Result – Organic traffic merupakan traffic yang datang secara alami tanpa harus membuat iklan.

Pengertian SEO

Lalu apa itu search engine? Search engine merupakan mesin pencari. Sebut saja contohnya Google, Yahoo, Bing dsb. Jadi, ketika ingin mendapatkan traffic yang banyak, maka yang harus dipahami pertama kali adalah mesin pencarinya. Artinya laman website harus bisa tampil di mesin ini untuk memancing traffic. Nah, dari sinilah SEO mulai bekerja.

Perusahaan seperti Google misalnya memiliki robot perayap untuk meng-index halaman website yang didaftarkan dalam situs mereka. Mereka juga memiliki skema tertentu agar laman situs tampil di halaman tertentu. Saat sebuah halaman yang ditembak melalui kata kunci berhasil masuk halaman 1 Google, maka peluang mendapatkan visitor akan jauh lebih besar.

Pengertian SEM

SEM masih erat hubungannya dengan SEO. Dalam dunia digital marketing, cara ini erat kaitannya dengan kampanye berbayar untuk mendatangkan traffic. Beberapa contoh kampanye berbayar SEM antara lain:

  • Program PPC (Pay Per Click)
  • Paid Search Ads
  • CPC (Cost Per Click)
  • CPM (Cost Per Thousand Impressions)
  • Dsb

pngertian SEM

Sekarang banyak platform yang memberikan fasilitas diatas untuk membantu pengiklan menemukan customer yang tepat. Para pengiklan ini tetap harus menemukan trend pencarian yang berhubungan dengan produk mereka, atau mereka membuat query sendiri sehingga memudahkan user.

Nah, salah satu platform yang paling terkenal adalah Google Adwords. Platform ini akan memudahkan pengiklan menjangkau calon konsumen sesuai target. Setiap platform-nya pun memiliki prosedur dan kebijakan yang berbeda.

SEM ini juga dikenal sebagai cara cepat untuk menjangkau konsumen. Contohnya saja Google Adwords. Ketika sebuah halaman dengan keyword tertentu belum mencapai halaman 1 Google, maka Google Adwords akan menempatkan halaman di laman pencarian pertama sehingga mudah dilihat visitor.

Pengertian SMO

SMO bisa dibilang adalah yang paling simple. Kita tinggal menarik traffic dari sosial media dan komunitas online. Ini merupakan cara yang mudah karena langsung bertemu dengan target online yang sesuai. Bahkan hanya dengan sekali share, sudah ada kemungkinan bagi visitor untuk mengklik laman.

Pengertian SMO

Tentunya dengan teknik penulisan yang menggoda. Bahkan sekarang ini search engine bukan satu-satunya cara untuk mendatangkan traffic. Caranya, cukup buat tulisan yang keren dan membuat orang gatal untuk membaca. Beberapa contoh platform yang bisa digunakan untuk SMO antara lain Reddit, Newsvine, Mixx, Digg hingga Facebook sekalipun.

Dari tiga pengertian SEO, SEM dan SMO, ketiganya tidak bisa dipisahkan dalam dunia digital marketing. Ingat, digital marketing adalah bagaimana kita mendatangkan traffic sebanyak mungkin agar semakin banyak orang membeli produk. Makanya tidak cukup mengoptimasi salah satu dari 3 cara di atas saja.

Spread the love